Warung Bebas

Jumat, 01 Juni 2012

Mitos dan Fakta tentang Keganasan Anjing Pittbull


Berikut adalah Mitos dan Fakta tentang Pitbull yang selama ini mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya :

  • Pitbull memiliki rahang yang bisa mengunci / Locking Jaws – Mitos
    Pitbull tidak dapat mengunci rahangnya dan rahang mereka sama seperti rahang pada jenis anjing lainnya. Pada kenyataannya, jika kita mengambil x-ray Chihuahua dan membandingkannya dengan pitbull, maka akan kelihatan bahwa keduanya memiliki rahang yang sama kecuali ukuran rahangnya.
     
  • Pitbull tidak bisa ditebak dan lebih cenderung suka menggigit dibandingkan jenis anjing lainnya - Mitos
    Pitbull tidak lebih ganas daripada Golden Retriever, Beagle atau jenis anjing populer lainnya. Dalam penelitian yang dilakukan oleh American Temperament Testing Society (ATTS) baru-baru ini dari 122 jenis anjing, Pitbull mencapai tingkat temperamen yang baik sebesar 83.9%. Nilai tersebut sama baiknya atau bahkan lebih baik daripada Beagle 78.2% dan Golden Retriever 83.2%.

  • Pitbull baik dengan anak-anak – FAKTA.
    Pitbull selalu mendapat nilai tes yang tinggi sebagai anjing paling stabil di Amerika. Statistik ini bisa ditemukan pada American Temperament Testing Society di Amerika, dimana Pitbull selalu berada di dalam 5 besar anjing paling stabil.
     
  • Pitbull yang memiliki “ Red Nose / hidung berwarna merah”  lebih agresif – Mitos.
    “ Red Nose” hanyalah sebuah jenis warna hidung yang dimiliki Pitbull, ada juga Pitbull yang memiliki pigmen warna lebih sedikit seperti “ pinkish nose / hidung berwarna merah muda” dengan mata berwarna kuning atau hijau. Tingkah laku mereka tidaklah berbeda dengan Pitbull berwarna hitam, brindel, ataupun putih.
     
  • Pitbull mudah untuk dilatih – FAKTA.
    Anjing ini sangat mudah untuk dilatih. Semua yang ingin mereka lakukan adalah untuk menyenangkan Anda. Karena mereka peka terhadap perasaan Anda, maka latihan secara verbal (mengenali perintah suara) menjadi lebih mudah untuk anjing ini.
     
  • Pitbull tidak bisa bersama dengan anjing lainnya ataupun kucing – Mitos
    Ini mungkin adalah pemikiran dan kesalahpahaman terbesar karena dengan latihan dan penanganan yang tepat, maka Pitbull bisa belajar hidup damai bersama dengan anjing lainnya maupun kucing.
Beberapa Pertanyaan yang sering ditanyakan seputar Pitbull :
  • Apakah Pitbull sudah agresif sejak dilahirkan? Tidak, tidak ada jenis anjing manapun yang agresif sejak lahir. Setiap anak anjing pada jenis apapun, baik keturunan ras murni maupun campuran pasti akan lahir satu anak anjing yang paling dominan dan satu anak yang paling penurut. Dalam lingkungan yang normal, baik anak anjing penurut atau dominan bisa menjadi agresif. Dengan pemberian tingkat stress dan stimulasi negatif yang sama, anak anjing dominan bisa menjadi lebih agresif dengan cepat dibandingkan dengan anak anjing penurut. Kadang-kadang, setiap jenis anjing akan menghasilkan anjing yang agresif.
     
  • Jika Pitbull tidak agresif mengapa mereka sangat sering digunakan oleh para Dog Fighter? Banyak Dog Fighter yang memilih Pitbull karena anjing ini mudah belajar dengan cepat, bersemangat untuk menyenangkan pemiliknya dan mudah untuk diatur. Sekali saja Pitbull menerima Anda sebagai tuannya, maka mereka akan bersedia memberikan nyawa mereka untuk menyenangkan Anda. Jenis anjing ini memiliki tekad yang kuat, begitu mereka memulai sebuah tugas, maka mereka tidak akan menyerah kecuali jika kondisi fisiknya tidak memungkinkan atau Anda bertindak untuk menghentikan mereka. Keinginan mereka untuk menyelesaikan tugas dan loyalitas yang tidak tergoyahkan, membuat mereka terkadang disalahgunakan.
     
  • Apakah Pitbull aman berada di sekitar anak-anak? Tentu saja! Dalam sejarahnya, Pitbull disebut sebagai “ Nanny Dogs” karena tingkat kesabaran dan toleransinya terhadap anak-anak. Pitbull sama seperti jenis anjing lainnya, begitu disosialisasikan dengan anak-anak maka mereka benar-benar aman dan tentu saja harus selalu ada pengawasan orangtua. Meninggalkan anak-anak sendirian dengan binatang apapun adalah tindakan yang tidak bertanggungjawab. Bagi setiap anjing, tangisan anak-anak bisa memicu kegembiraan atau insting berburu mereka, sama halnya jika anak-anak berlari dan berteriak saat mereka berlari. Anak-anak terkadang bisa memicu ketakutan pada anjing sehingga menyebabkan mereka mau menggigit. Karena itu, sangatlah penting bagi orangtua untuk mengawasi dan mengajarkan kepada anak-anak bagaimana berprilaku di sekitar anjing begitupun sebaliknya mengajarkan anjingnya bagaimana berprilaku di sekitar anak-anak.

  • Apakah Pitbull bisa menjadi hewan peliharaan yang baik? Ya, untuk orang yang secara alami tegas dan mengenali betapa istimewanya anjing ini sesungguhnya. Pitbull membutuhkan banyak latihan dan stimulasi mental karena mereka sangat pintar dan atletik. Latihan, sosialisasi dan bimbingan adalah komitmen seumur hidup ketika Anda hidup dengan Pitbull, American Staffordshire, Staffordshire Bull Terrier dan lainnya.
     
  • Jika saya melatih Pitbull saya dan memastikan mereka bersosialisasi, apakah saya bisa memastikan bahwa mereka tidak akan berkelahi? Tidak, bahkan jika Pitbull Anda ataupun jenis anjing lainnya adalah anjing yang bisa bersosialisasi, mereka bisa saja bertemu dengan anjing yang tidak mereka sukai. Anjing adalah hewan yang selalu memiliki potensi untuk berselisih jika diprovokasi atau terancam. Jangan pernah percaya anjing Anda tidak akan berkelahi. Selalu ingat, jika Pitbull terlibat dalam sebuah perkelahian, maka Pitbull akan selalu disalahkan tidak peduli bagaimana semua itu berawal.
bagaimana menurutmu ?



sumber

0 komentar em “Mitos dan Fakta tentang Keganasan Anjing Pittbull”

Posting Komentar