Warung Bebas

Kamis, 21 Juni 2012

Tandukan CR7 Loloskan Portugal Ke Semi-Final

Portugal muncul sebagai negara pertama yang memastikan tempat di semi-final Euro 2012 dengan mengandaskan perlawanan Republik Ceko 1-0 pada babak delapan besar, Kamis (21/6) malam di Warsawa.

Menyuguhkan permainan impresif dan dominan nyaris di sepanjang laga, Seleccao besutan Paulo Bento berkali-kali gagal menjebol gawang skuat asuhan Michal Bilek yang dikawal Petr Cech.


 On the money: Cristiano Ronaldo wheels away after hitting the winner
 Namun gol yang dinanti akhirnya hadir juga sebelas menit jelang laga bubar. Sang kapten, Cristiano Ronaldo, yang memborong sepasang gol dalam kemenangan 2-1 atas Belanda di partai pamungkas fase grup, kembali menjadi pahlawan dengan torehan semata wayangnya yang terlahir lewat sundulan.Thumping: Cristiano Ronaldo nods Portugal into the semi-finals with this magnificent header
Di semi-final, Portugal bakal menghadapi pemenang duel antara Spanyol dan Prancis, yang baru bertempur pada Sabtu (23/6).Thumping: Cristiano Ronaldo nods Portugal into the semi-finals with this magnificent header
Babak Pertama:

Kembali harus memulai laga tanpa kehadiran kapten Tomas Rosicky yang masih bermasalah dengan cedera, Republik Ceko tetap berani mengambil inisiatif serangan di menit-menit awal. Dua tendangan penjuru mereka peroleh di tujuh menit perdana, namun seluruhnya gagal dimaksimalkan.
Thumping: Cristiano Ronaldo nods Portugal into the semi-finals with this magnificent header
Setelah itu, ganti Portugal yang berusaha membangun alur serangan. Seleccao pun muncul sebagai tim pertama yang melepaskan tembakan akurat dalam pertandingan ini. Berkombinasi dengan Nani melalui situasi sepak pojok yang diambil pendek, Joao Moutinho menendang bola ke arah gawang, tapi upayanya tak menyulitkan Petr Cech.Chalked off: Substitute Hugo Almeida had the ball in the net, but his header was disallowed for offside
Pada menit ke-17, gawang Portugal nyaris terancam. Petr Jiracek bergerak menyisir sisi kanan dan mengakhiri aksinya dengan sodoran menyilang kepada Milan Baros, namun umpannya sedikit terlalu jauh untuk disambut sang striker.Frustration: Cristiano Ronaldo sees his shot crash against the post following some fantastic footwork
Tujuh menit kemudian, Cristiano Ronaldo melesatkan tembakan kencang terarah di dalam kotak penalti Ceko, namun ia didakwa melakukan pelanggaran terlebih dulu terhadap Michal Kadlec. Lagipula tendangannya bisa ditepis Cech.Familiar routine: Cristiano Ronaldo blasts a free-kick
Seiring jalannya laga kendali permainan terlihat lebih dikuasai oleh Portugal, dengan sederet peluang peluang banyak dihasilkan oleh Ronaldo, sang kapten tim.

CR7 menampilkan aksi akrobatik dengan melakukan tendangan salto menyambut umpan lambung Pepe, tapi percobaannya di menit ke-33 itu masih melenceng. Sesaat berselang, megabintang Real Madrid itu kembali gagal menemui target saat mengeksekusi tendangan bebas dari jarak jauh.
Over he goes: Cristiano Ronaldo tries his luck with an overhead kick
Portugal mesti kehilangan striker Helder Postiga akibat cedera lima menit menuju rehat. Pelatih Paulo Bento menyuntikkan Hugo Almeida guna menggantikan tempat pemain Real Zaragoza itu. Saat babak pertama tinggal tersisa dua menit, Nani meminta penalti karena merasa dilanggar di kotak rawan, tapi wasit Howard Webb tak mengabulkan klaim tersebut.One way to stop him: Tomas Sivok and David Limbersky gang up on Cristiano Ronaldo
Seleccao nyaris saja memecah kebuntuan pada injury time paruh pertama. Mengontrol umpan Raul Meireles dengan dadanya, CR7 kemudian mengecoh Kadlec sebelum melepaskan tendangan keras. Sayang, dewi fortuna belum berpihak karena upayanya membentur tiang. Kedua tim pun memasuki ruang ganti dengan kedudukan masih sama kuat 0-0.Crunch time: Petr Cech clears his lines
Babak Kedua:
Momentum di akhir babak pertama dilanjutkan Portugal saat memasuki paruh kedua. Baru beberapa detik usai turun minum, tim besutan Bento sudah mengkreasikan kesempatan lewat tandukan Almeida, yang melayang di atas mistar, memanfaatkan crossing Meireles.

Tak berapa lama berselang. Portugal terlihat bakal unggul ketika sepakan bebas Ronaldo sukses melewati pagar betis Ceko dan meluncur menuju pojok bawah gawang, namun CR7 sekali lagi harus rela melihat upayanya digagalkan oleh tiang.

Bombardir serangan terus dilancarkan Seleccao. Setelah tembakan akurat Nani ditangkal Cech, Portugal akhirnya bisa menggetarkan jala Ceko melalui sundulan Almeida, tetapi gol penyerang Besiktas itu tak disahkan lantaran ia telah terperangkap off-side.

Di menit ke-64, Cech kembali harus berjibaku untuk mengamankan gawangnya. Kali ini kiper Chelsea itu menunjukkan aksi penyelamatan apik guna menepis tendangan keras Joao Moutinho dari tepi kotak penalti.

Portugal mendapatkan kans lagi pada menit ke-72, namun masih gagal menghasilkan gol. Menerima operan Ronaldo, tendangan yang dilakukan Meireles melambung tinggi di atas mistar.

Hanya sesaat kemudian, peluang kembali diperoleh Portugal. Kali ini giliran Meireles yang melepaskan umpan terobosan, kepada Nani. Beruntung buat Ceko, tekel dari Kadlec cukup untuk membuat tembakan winger Manchester United itu terdefleksi dan cuma membuahkan sepak pojok.

Usaha keras Seleccao pada akhirnya terbayar pada menit ke-79. Seperti di laga terakhir Grup B kontra Belanda, Ronaldo kembali muncul sebagai pencetak gol buat Portugal. Sang kapten menyelesaikan umpan silang Moutinho dengan tandukan keras untuk membobol gawang Ceko. Ini adalah gol ketiga CR7 di Euro 2012.

Memimpin 1-0 tak membuat Portugal mengendurkan tekanan. Tak lama setelah gol Ronaldo, mereka nyaris menambah angka lewat sepakan Joao Pereira yang masih dapat ditangkis Cech. Menit ke-89, ganti usaha Miguel Veloso yang gagal membuahkan gol kedua. Tembakan sang gelandang melayang tinggi.

Ceko sendiri tak mampu bangkit guna menyeimbangkan skor sampai peluit panjang berbunyi, termasuk saat Cech ikut maju membantu serangan dalam situasi tendangan sudut di menit-menit akhir.

Susunan Pemain:

Rep. Ceko (4-5-1): Cech; Gebre Selassie, Kadlec, Sivok, Limbersky; Hubschman (Pekhart 86'), Plasil, Jiracek, Darida (Rezek 61'), Pilar; Baros.

Cadangan tak bermain: Lastuvka, Drobny; Suchy, Hubnik, Necid, Rosicky, Petrzela, Rajtoral, Lafata, Kolar.

Portugal (4-3-3): Rui Patricio; Joao Pereira, Alves, Pepe, Coentrao; Meireles (Rolando 88'), Veloso, Moutinho; Nani (Custodio 84'), Postiga (Almeida 40'), Ronaldo.

Cadangan tak bermain: Eduardo, Beto; Quaresma, Oliveira, Costa, Micael, Varela, Lopes, Viana.





gambar : dailymail

Sumber

0 komentar em “Tandukan CR7 Loloskan Portugal Ke Semi-Final”

Posting Komentar