Warung Bebas

Rabu, 13 Juni 2012

VIDEO: Tornado Dahsyat Menerjang Venesia

GeoNewz.. Rupanya Tornado tidak hanya menerjang Amerika Serikat sebab baru baru ini di Venesia Italia juga di terjang Angin Tornado  ,seperti dikutip dari Vivanews Tornado menerjang kota bersejarah, Venesia 12 Juni 2012, sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Kolom udara berputar kencang yang datang tiba-tiba itu menyisakan puing-puing dan warga masyarakat yang terguncang kaget.



Tornado, atau dalam Bahasa Italia disebut tromba d'aria (trompet dari udara), menerbangkan atap-atap rumah, menumbangkan pepohonan, membuat satu taman rusak parah, dan kapal-kapal yang rapi bersandar berserakan, seakan terangkat oleh tangan yang tak terlihat.

Sejauh ini belum ada korban jiwa yang dilaporkan. Namun, media lokal Venesia mengabarkan, sejumlah orang luka-luka akibat terkena hantaman benda tumpul yang diterbangkan angin.
Ahli prediksi badai dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), Greg Carbin mengatakan, tanpa data, tak bisa dipastikan apakah pusaran angin yang menerjang Venisia adalah tornado atau puting beliung. "Ada perbedaan fundamental antara tornado dan puting beliung," kata dia seperti dimuat situs sains, LiveScience.

Tornado memang jarang ditemukan di kota pesisir utara Italia, namun di masa lalu ia pernah menghancurkan Venesia. Pada 11 Septeber 1970, satu atau lebih tornado menerjang wilayah itu, membunuh setidaknya 50 orang. Tornado kala itu bahkan mengangkat sebuah kapal dari perairan, lalu membantingnya. Akibatnya, 21 orang tewas saat itu.

Carbin menambahkan, meskipun Laut Mediterania jarang ditemukan, tornado bisa terjadi di manapun. "Hotspot-nya tentu saja di Amerika Utara," kata dia. "Namun, tornado juga dilaporkan terjadi di Inggris, Prancis, Jerman, Asia termasuk Indonesia."









sumber berita :vivanews

0 komentar em “VIDEO: Tornado Dahsyat Menerjang Venesia”

Posting Komentar