Warung Bebas

Senin, 01 Oktober 2012

David Karp, CEO dan Pendiri Tumblr

Kelahiran New York ini menciptakan Tumblr pada usia 21 tahun yang menawarkan posting artikel lebih ringkas. Selain itu, coba mampir ke akun-akun penggunanya, terlihat dapat diintegrasikan dengan berbagai platform lain seperti video dan foto. Awalnya, dia merasa ada yang kurang dengan blog seperti Wordpress dan Blogger, sekaligus terdapat fasilitas yang tidak perlu digunakan oleh para user.


 sumber gambar : .businessinsider.com

"Semua blog terlihat sama. Saya ingin sesuatu yang lebih menawarkan leluasa dan tidak muluk-muluk," ujarnya. Karp menilai blog terlalu rumit sedangkan para pengguna ingin mengekspresikan sisi-sisi personal. Tumblr pun didesain berorientasi pada user dan dapat di-kustomisasi untuk disesuaikan dengan kepribadian. Alhasil, secara bisnis, Tumblr juga lebih efisien.

"Setiap fasilitas dan tampilan memiliki biaya perawatan dan lebih sedikit fasilitas membuat kami fokus dan mampu memastikan Tumblr bekerja dengan baik," papar anak dari pasangan Michael Karp dan Barbara Ackerman Tumblr dirilis pada 27 April 2007 silam oleh Karp. Seperti kisah dongeng-dongeng penciptaan inovasi, Karp menciptakannya di apartemen ibunya di New York. Dalam rentang waktu dua minggu sejak di-launching, pengguna fasilitas blogging menarik ini memperoleh 75 ribu user.

Kepiawaian Karp meracik Tumblr telah menarik Apple untuk menanamkannya pada iPhone, menyusul disematkan oleh Research in Motion untuk Blackberry sejak April 2010. Soal Iklan Karp juga mampu memikat produsen alat-alat olahraga Adidas. Perusahaan ini memiliki akun Tumblr dan membeli ruang iklan yang ditawarkan Karp.

Tumbler sendiri terhitung cepat menarik Adidas lantaran hanya berselang dua bulan sejak Karp mengumumkan bakal menawarkan ruang iklan secara komersial. Soal iklan, hal ini sejatinya menarik lantaran pada 2010, Karp mengklaim pada Los Angeles Times dengan kutipan yang lebih mirip sesumbar.

"Kami berada di posisi yang berlawanan soal iklan karena dia (iklan) membuat isi perut kami keluar." Lantas di Konferensi Digital Ad Age di New York pada 12 April 2012, Karp mengumumkan perusahaannya bakal menawarkan iklan. Pengiklan bisa membeli sebuah ad unit (unit iklan) di Tumblr. Angka-angka statistik berupa 120 ribu posting-an baru dari penggunanya per hari menjadi alasannya. Manajemen juga mengaku, sebuah perusahaan properti sudah tertarik dengan tawaran mereka.

Meski malu-malu lantaran tidak menawarkan iklan untuk tiap unit produk, tapi sebuah paket promosi yang diunggah sebagai postingan di Tumblr. Pengguna Tumblr pun terus menyesaki layanan menarik sekaligus adiktif ini. Lihat saja per Agustus 2012, tercatat sebanyak 69,4 juta blog beralamat Tumblr dengan total 29,8 miliar materi yang diunggah.

Manajemen Tumblr juga menghitung mampu mengundang 71,6 juta pengunggahan pada Juli 2012. Sementara tercatat, 13 miliar pengunjung pada September tahun lalu. Karp mengklaim satu posting pengguna Tumblr bisa di-reblog 9 kali. Ia membandingkan dengan Wordpress yang hanya mencapai angka 0,8 komentar per artikel yang terbit.

Semua ini berkontribusi pada keberhasilan Tumblr meraih valuasi sebesar 800 juta dollar AS dalam waktu 5 tahun sejak pendiriannya. Dana pengembangan Tumblr sendiri diperoleh Karp dari penjualan software daring yang dikembangkannya, UrbanBaby. Kreasi dia ini merupakan fasilitas konsultasi para orang tua yang mengasuh bayi-bayi mereka.

Kerja keras Karp juga telah diakui entitas bisnis global. Pada August 2009, sang CEO itu diganjar predikat Best Young Tech Entrepreneur 2009 oleh BusinessWeek. Setahun kemudian, pada bulan yang sama, giliran Tumblr menjadi finalis dalam Lead411's New York City Hot 125. Kemampuan Tumblr menjaring perhatian kalangan muda juga mendorong para selebritas menuliskan kisah dan celetukan mereka. Di antaranya, Lady Gaga, dan John Mayer. Pada Oktober 2011, Tumblr pun menjadi alamat blog Presiden Barack Obama.

Lucunya, meski hidup ditengah hiruk pikuk lalu lintas daring, Karp mengaku kurang berkomunikasi menggunakan email. "Bila memang ada yang perlu disampaikan, seseorang akan menelpon atau mengirimkan pesan singkat," ujarnya.

Dia bahkan berusaha keras untuk menghindari memeriksa kotak masuk surat elektronik hingga pukul 9.30 atau 10.30. Karp menganggap membaca email di rumah adalah kebiasaan yang sia-sia dan tak produktif.

Selain itu, dia juga menepis persepsi sebagian orang atau malah sebagian besar pendapat bahwa Silicon Valley, di California San Fransisco merupakan pusat pengembangan teknologi informasi.

"New York merupakan jantungnya dunia kreatif," kata karp seperti dikutip Associate Press. Ia menambahkan bahwa lokasi perusahaannya memungkinkannya untuk berada lebih dekat dengan orang-orang yang penting perannya bagi Tumblr , yaitu mereka yang berjiwa kreatif. New Yorker Karp seolah ingin meletakkan kutub yang bersebarangan lantaran New York berada di Pantai Timur sedangakn Lembah Silikon di belahan Pantai Barat AS.

New York sendiri telah membantu Tumblr mendapatkan orang-orang berbakat dari perusahaan teknologi yang lebih besar. Dia merinci, separuh tim Tumblr yang berjumlah 100 orang merupakan individu-individu yang berpindah domisili ke area tersebut. Bahkan saat Apple dan Facebook menawarkan paket benefit yang menggiurkan, Karp berkata makin mudah menjual orang di Tumblr.

"Kota New York lebih keren dibanding Palo Alto," tukasnya. Selain Tumblr, sosok Karp sendiri dinilai menarik. Muda dan kreatif, membuatnya menjadi salah satu ikon dan boleh jadi menjadi panutan orang-orang sebayanya. Merek fashion asal Jepang, Uniqlo, mendaulat Karp sebagai model iklan. Mereka menilai, ikatan yang kuat antara Karp dengan New York menjadi latar belakangnya.

Pasalnya, Uniqlo berekspansi membuka gerai di kota itu. Iklan mereka pun mengusung tema "Voices of New York." Di tubuhnya, disematkan sepasang sweater, kemeja flannel, chinos, combat boots, dan potongan rambut bergaya Ringo. nig/E-7


Nama
David Karp

Tempat tanggal lahir
New York, AS, 6 Juli 1986

Orang tua:
Michael Karp dan Barbara Ackerman

Pendidikan:
Upper West Side of Manhattan The Calhoun School Bronx Science Chief Technology Officer UrbanBaby CEO dan pendiri Tumblr, November 2007

sumber

0 komentar em “David Karp, CEO dan Pendiri Tumblr ”

Posting Komentar