Warung Bebas

Kamis, 03 Januari 2013

Memperbaiki Jack Power Adaptor Sendiri

jack power adapter yang sudah longgar tentu membawa masalah salah satunya adalah membuat baterai drop alias cepat  terisi dan cepat habis

Tidak hanya untuk jack power adapter yang longgar saja, tips ini bisa berlaku untuk jack power adapter  yang rusak akibat keinjak, ketimpa benda berat, leleh dsb. Jangan menvonis harus beli adaptor baru kalau di pasaran banyak dijumpai Universal Adapter, karena memperbaikinya sangat mudah.
Berikut tips cara memperbaiki jack power adapter laptop :



  1. Coba lekuk-lekuk kabelnya yang ujung dan colokkan kembali ke laptop dan test pengalaman anda sebelumnya. Kalau kabel disenggol dikit saja indikator baterai tidak terisi atau laptop mati coba lakukan dengan point 2.
  2. Cek dulu dengan multitester apakah adapternya bermasalah. Kalau multitester menunjukkan angka mendekati kapasitas volmeter berarti adapternya tidak bermasalah. Misalnya kapasitas adapter adalah 19V, multester menunjukkan angka 18,8V maka adapter masih oke.
  3. Potong kabel power adapter ke jack ± 10cm dan kupas kabel ± 2cm. Kabelnya tidak banyak, hanya 2 jenis saja.
  4. Persiapkan jack power yang baru. Anda bisa beli di toko elektronik yang harganya 2ribuan rupiah perbiji atau anda bisa memotong jack yang lain apabila anda mempunyai adapter rusak lainnya asalkan besar dan bentuk lubangnya sama.
  5. Solder dengan baik antara ujung kabel dengan jack yang baru. Beri jarak supaya solderan antar kabel tidak menenmpel jadi satu atau ada kemungkinan bisa menyatu. Ini tidak sulit layaknya menyambung kabel bola lampu saja. Cuma perlu diperhatikan kalau solderannya tidak bagus nanti hasilnya juga kurang bagus, meskipun jack menancap kuat tapi kabel disenggol dikit saja kasus diatas bisa berulang.
  6. Isolasi dengan baik
  7. Coba test kembali dengan multistester. Kalau oke coba digunakan pada laptop anda.
  8. Selesai.
Note: sebenarnya test dengan multitester tidaklah harus dilakukan. Tapi langkah ini adalah yang terbaik untuk menghindari hal terburuk misalnya arus tidak masuk atau voltasenya ketinggian (pengalaman saya jarang terjadi) sehingga anda harus membongkar kembali sambungan kabel.


0 komentar em “Memperbaiki Jack Power Adaptor Sendiri ”

Posting Komentar